padat.Tentunya pada waktu liburan memerlukan rencana tempat. wisata.Berikut ini adalah tempat wisata yang cocok di kunjungi pada liburan sekolah.
1. Taman safari indonesia
Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata keluarga berwawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. Taman Safari Indonesia terletak di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak. Taman ini berfungsi menjadi penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di ketinggian 900-1800 m di atas permukaan laut, serta mempunyai suhu rata-rata 16 - 24 derajat Celsius.
Sejarah
Taman Safari Indonesia dibangun pada tahun 1980 pada sebuah perkebunan teh yang sudah tidak produktif lagi seluas 50 hektare. Taman ini ditetapkan sebagai Obyek Wisata Nasional oleh Soesilo Soedarman, Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi pada masa itu dan diresmikan menjadi Pusat Penangkaran Satwa Langka di Indonesia oleh Hasyrul Harahap, Menteri Kehutanan pada masa itu, pada tanggal 16 Maret 1990.
Kini, luas Taman Safari telah berkembang menjadi 168 hektare dan dilengkapi dengan berbagai sarana edukasi dan rekreasi serta mengadakan safari malam pada saat akhir pekan dan libur panjang.
Taman Safari Indonesia juga membuka tempat wisata di daerah lain yaitu Taman Safari Indonesia 2 terletak di lereng Gunung Arjuna, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Bali Safari & Marine Park di desa Serongga, Kecamatan Gianyar, Bali dan Batang Dolphins Center di Pantai Sigandu, Kabupaten Batang, Jawa Tengah
Koleksi dan fasilitas
Taman Safari memiliki sekitar 2500 koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia termasuk satwa langka, seperti harimau benggala, jerapah, singa, orang utan, gajah, anoa, komodo dan lain sebagainya. Taman Safari Indonesia dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi dan atraksi seperti bus safari, danau buatan, sepeda air, kano, kolam renang dengan seluncur ombak, kereta api mini yang melintasi perkampungan ala Afrika, taman burung, baby zoo, kincir raksasa, gajah tunggang, komedi putar, pentas sirkus, area gocart, bom bom car, rumah setan, atraksi hewan, kesenian tradisional dan sulap di panggung terbuka.Penghargaan
- Lembaga Konservasi Terbaik
- Indonesia Green Award
- Sapta Pesona Award
- Best Indonesia Travel And Tourism Award
- Satyalancana Pembangunan Award
2.Monumen indonesia
Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monumen dan museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 - 15.00 WIB. Pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum.
Sejarah
Setelah pusat pemerintahan Republik Indonesia kembali ke Jakarta setelah sebelumnya berkedudukan di Yogyakarta pada tahun 1950 menyusul pengakuan kedaulatan Republik Indonesia oleh pemerintah Belanda pada tahun 1949, Presiden Sukarno mulai memikirkan pembangunan sebuah monumen nasional yang setara dengan Menara Eiffel di lapangan tepat di depan Istana Merdeka. Pembangunan tugu Monas bertujuan mengenang dan melestarikan perjuangan bangsa Indonesia pada masa revolusi kemerdekaan 1945, agar terus membangkitkan inspirasi dan semangat patriotisme generasi saat ini dan mendatang.Pada tanggal 17 Agustus 1954 sebuah komite nasional dibentuk dan sayembara perancangan monumen nasional digelar pada tahun 1955. Terdapat 51 karya yang masuk, akan tetapi hanya satu karya yang dibuat oleh Frederich Silaban yang memenuhi kriteria yang ditentukan komite, antara lain menggambarkan karakter bangsa Indonesia dan dapat bertahan selama berabad-abad. Sayembara kedua digelar pada tahun 1960 tapi sekali lagi tak satupun dari 136 peserta yang memenuhi kriteria. Ketua juri kemudian meminta Silaban untuk menunjukkan rancangannya kepada Sukarno. Akan tetapi Sukarno kurang menyukai rancangan itu dan ia menginginkan monumen itu berbentuk lingga dan yoni. Silaban kemudian diminta merancang monumen dengan tema seperti itu, akan tetapi rancangan yang diajukan Silaban terlalu luar biasa sehingga biayanya sangat besar dan tidak mampu ditanggung oleh anggaran negara, terlebih kondisi ekonomi saat itu cukup buruk. Silaban menolak merancang bangunan yang lebih kecil, dan menyarankan pembangunan ditunda hingga ekonomi Indonesia membaik. Sukarno kemudian meminta arsitek R.M. Soedarsono untuk melanjutkan rancangan itu. Soedarsono memasukkan angka 17, 8 dan 45, melambangkan 17 Agustus 1945 memulai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ke dalam rancangan monumen itu.[1][2][3] Tugu Peringatan Nasional ini kemudian dibangun di areal seluas 80 hektare. Tugu ini diarsiteki oleh Friedrich Silaban dan R. M. Soedarsono, mulai dibangun 17 Agustus 1961.
Pembangunan
Pembangunan terdiri atas tiga tahap. Tahap pertama, kurun 1961/1962 - 1964/1965 dimulai dengan dimulainya secara resmi pembangunan pada tanggal 17 Agustus 1961 dengan Sukarno secara seremonial menancapkan pasak beton pertama. Total 284 pasak beton digunakan sebagai fondasi bangunan. Sebanyak 360 pasak bumi ditanamkan untuk fondasi museum sejarah nasional. Keseluruhan pemancangan fondasi rampung pada bulan Maret 1962. Dinding museum di dasar bangunan selesai pada bulan Oktober. Pembangunan obelisk kemudian dimulai dan akhirnya rampung pada bulan Agustus 1963. Pembangunan tahap kedua berlangsung pada kurun 1966 hingga 1968 akibat terjadinya Gerakan 30 September 1965 (G-30-S/PKI) dan upaya kudeta, tahap ini sempat tertunda. Tahap akhir berlangsung pada tahun 1969-1976 dengan menambahkan diorama pada museum sejarah. Meskipun pembangunan telah rampung, masalah masih saja terjadi, antara lain kebocoran air yang menggenangi museum. Monumen secara resmi dibuka untuk umum dan diresmikan pada tanggal 12 Juli 1975 oleh Presiden Republik Indonesia Soeharto.[4][5] Lokasi pembangunan monumen ini dikenal dengan nama Medan Merdeka. Lapangan Monas mengalami lima kali penggantian nama yaitu Lapangan Gambir, Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas, dan Taman Monas. Di sekeliling tugu terdapat taman, dua buah kolam dan beberapa lapangan terbuka tempat berolahraga. Pada hari-hari libur Medan Merdeka dipenuhi pengunjung yang berekreasi menikmati pemandangan Tugu Monas dan melakukan berbagai aktivitas dalam taman.Rancang Bangun Monumen
Rancang bangun Tugu Monas berdasarkan pada konsep pasangan universal yang abadi; Lingga dan Yoni. Tugu obelisk yang menjulang tinggi adalah lingga yang melambangkan laki-laki, elemen maskulin yang bersifat aktif dan positif, serta melambangkan siang hari. Sementara pelataran cawan landasan obelisk adalah Yoni yang melambangkan perempuan, elemen feminin yang pasif dan negatif, serta melambangkan malam hari.[6] Lingga dan yoni merupakan lambang kesuburan dan kesatuan harmonis yang saling melengkapi sedari masa prasejarah Indonesia. Selain itu bentuk Tugu Monas juga dapat ditafsirkan sebagai sepasang "alu" dan "Lesung", alat penumbuk padi yang didapati dalam setiap rumah tangga petani tradisional Indonesia. Dengan demikian rancang bangun Monas penuh dimensi khas budaya bangsa Indonesia. Monumen terdiri atas 117,7 meter obelisk di atas landasan persegi setinggi The 17 meter, pelataran cawan. Monumen ini dilapisi dengan marmer Italia.Kolam di Taman Medan Merdeka Utara berukuran 25 x 25 meter dirancang sebagai bagian dari sistem pendingin udara sekaligus mempercantik penampilan Taman Monas. Di dekatnya terdapat kolam air mancur dan patung Pangeran Diponegoro yang sedang menunggang kudanya, terbuat dari perunggu seberat 8 ton. Patung itu dibuat oleh pemahat Italia, Prof. Coberlato[7] sebagai sumbangan oleh Konsulat Jendral Honores, Dr Mario Bross di Indonesia. Pintu masuk Monas terdapat di taman Medan Merdeka Utara dekat patung Pangeran Diponegoro. Pintu masuk melalui terowongan yang berada 3 m di bawah taman dan jalan silang Monas inilah, pintu masuk pengunjung menuju tugu Monas. Loket tiket berada di ujung terowongan. Ketika pengunjung naik kembali ke permukaan tanah di sisi utara Monas, pengunjung dapat melanjutkan berkeliling melihat relief sejarah perjuangan Indonesia; masuk ke dalam museum sejarah nasional melalui pintu di sudut timur laut, atau langsung naik ke tengah menuju ruang kemerdekaan atau lift menuju pelataran puncak monumen.
Relief Sejarah Indonesia
Museum Sejarah Nasional
Di bagian dasar monumen pada kedalaman 3 meter di bawah permukaan tanah, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Ruang besar museum sejarah perjuangan nasional dengan ukuran luas 80 x 80 meter, dapat menampung pengunjung sekitar 500 orang. Ruangan besar berlapis marmer ini terdapat 48 diorama pada keempat sisinya dan 3 diorama di tengah, sehingga menjadi total 51 diorama. Diorama ini menampilkan sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah hingga masa Orde Baru. Diorama ini dimula dari sudut timur laut bergerak searah jarum jam menelusuri perjalanan sejarah Indonesia; mulai masa pra sejarah, masa kemaharajaan kuno seperti Sriwijaya dan Majapahit, disusul masa penjajahan bangsa Eropa yang disusul perlawanan para pahlawan nasional pra kemerdekaan melawan VOC dan pemerintah Hindia Belanda. Diorama berlangsung terus hingga masa pergerakan nasional Indonesia awal abad ke-20, pendudukan Jepang, perang kemerdekaan dan masa revolusi, hingga masa Orde Baru pada masa pemerintahan Suharto.Ruang Kemerdekaan
Di bagian dalam cawan monumen terdapat Ruang Kemerdekaan berbentuk amphitheater. Ruangan ini dapat dicapai melalui tangga berputar di dari pintu sisi utara dan selatan. Ruangan ini menyimpan simbol kenegaraan dan kemerdekaan Republik Indonesia. Diantaranya naskah asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang disimpan dalam kotak kaca di dalam gerbang berlapis emas, lambang negara Indonesia, peta kepulauan Negara Kesatuan Republik Indonesia berlapis emas, dan bendera merah putih, dan dinding yang bertulis naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.[1][8]. Di dalam Ruang Kemerdekaan Monumen Nasional ini digunakan sebagai ruang tenang untuk mengheningkan cipta dan bermeditasi mengenang hakikat kemerdekaan dan perjuangan bangsa Indonesia. Naskah asli proklamasi kemerdekaan Indonesia disimpan dalam kotak kaca dalam pintu gerbang berlapis emas. Pintu mekanis ini terbuat dari perunggu seberat 4 ton berlapis emas dihiasi ukiran bunga Wijaya Kusuma yang melambangkan keabadian, serta bunga Teratai yang melambangkan kesucian. Pintu ini terletak pada dinding sisi barat tepat di tengah ruangan dan berlapis marmer hitam. Pintu ini dikenal dengan nama Gerbang Kemerdekaan yang secara mekanis akan membuka seraya memperdengarkan lagu "Padamu Negeri" diikuti kemudian oleh rekaman suara Sukarno tengah membacakan naskah proklamasi pada 17 Agustus 1945. Pada sisi selatan terdapat patung Garuda Pancasila, lambang negara Indonesia terbuat dari perunggu seberat 3,5 ton dan berlapis emas. Pada sisi timur terdapat tulisan naskah proklamasi berhuruf perunggu, seharusnya sisi ini menampilkan bendera yang paling suci dan dimuliakan Sang Saka Merah Putih, yang aslinya dikibarkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Akan tetapi karena kondisinya sudah semakin tua dan rapuh, bendera suci ini tidak dipamerkan. Sisi utara diding marmer hitam ini menampilkan kepulauan Nusantara berlapis emas, melambangkan lokasi Negara Kesatuan Republik Indonesia.Semua itu sangat indah.Pelataran Puncak dan Api Kemerdekaan
Sebuah elevator (lift) pada pintu sisi selatan akan membawa pengunjung menuju pelataran puncak berukuran 11 x 11 meter di ketinggian 115 meter dari permukaan tanah. Lift ini berkapasitas 11 orang sekali angkut. Pelataran puncak ini dapat menampung sekitar 50 orang, serta terdapat teropong untuk melihat panorama Jakarta lebih dekat. Pada sekeliling badan elevator terdapat tangga darurat yang terbuat dari besi. Dari pelataran puncak tugu Monas, pengunjung dapat menikmati pemandangan seluruh penjuru kota Jakarta. Bila kondisi cuaca cerah tanpa asap kabut, di arah ke selatan terlihat dari kejauhan Gunung Salak di wilayah kabupaten Bogor, Jawa Barat, arah utara membentang laut lepas dengan pulau-pulau kecil.Di puncak Monumen Nasional terdapat cawan yang menopang nyala lampu perunggu yang beratnya mencapai 14,5 ton dan dilapisi emas 35 Kilogram. Lidah api atau obor ini berukuran tinggi 14 meter dan berdiameter 6 meter terdiri dari 77 bagian yang disatukan. Lidah api ini sebagai simbol semangat perjuangan rakyat Indonesia yang ingin meraih kemerdekaan. Awalnya nyala api perunggu ini dilapisi lembaran emas seberat 35 kilogram[1], akan tetapi untuk menyambut perayaan setengah abad (50 tahun) kemerdekaan Indonesia pada tahun 1995, lembaran emas ini dilapis ulang sehingga mencapai berat 50 kilogram lembaran emas.[9] Puncak tugu berupa "Api Nan Tak Kunjung Padam" yang bermakna agar Bangsa Indonesia senantiasa memiliki semangat yang menyala-nyala dalam berjuang dan tidak pernah surut atau padam sepanjang masa. Pelataran cawan memberikan pemandangan bagi pengunjung dari ketinggian 17 meter dari permukaan tanah. Pelataran cawan dapat dicapai melalui elevator ketika turun dari pelataran puncak, atau melalui tangga mencapai dasar cawan. Tinggi pelataran cawan dari dasar 17 meter, sedangkan rentang tinggi antara ruang museum sejarah ke dasar cawan adalah 8 m (3 meter dibawah tanah ditambah 5 meter tangga menuju dasar cawan). Luas pelataran yang berbentuk bujur sangkar, berukuran 45 x 45 meter, semuanya merupakan pelestarian angka keramat Proklamasi Kemerdekaan RI (17-8-1945).
Sebanyak 28 kg dari 38 kg emas pada obor monas tersebut merupakan sumbangan dari Teuku Markam, seorang pengusaha Aceh yang pernah menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.[10]
3.Kebun binatang ragunan
Kebun Binatang Ragunan adalah sebuah kebun binatang yang terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia. Kebun binatang seluas 140 hektare ini didirikan pada tahun 1864. Di dalamnya, terdapat berbagai koleksi yang terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen.
Ragunan sempat ditutup selama sekitar tiga minggu sejak 19 September 2005 karena hewan-hewan di dalamnya ada yang terinfeksi flu burung, namun dibuka kembali pada 11 Oktober 2005.[1]
Sejarah
Kebun Binatang Ragunan adalah kebun binatang pertama di Indonesia. Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1864 dengan nama Planten En Dierentuin yang berarti "Tanaman dan Kebun Binatang." Terletak pada tanah seluas 10 hektare di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat yang merupakan pemberian Raden Saleh. Saat itu, Planten En Dierentuin dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia yang tergabung dalam Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia.[2]Tahun 1949, nama Planten En Dierentuin diubah menjadi Kebun Binatang Cikini dan pada tahun 1969 dipindahkan ke kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada tahun 1964. Pemerintah DKI Jakarta menghibahkan lahan seluas 30 hektaree yang menjadi rumah bagi kebun binatang ini. Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin meresmikan Taman Margasatwa Ragunan pada 22 Juni 1966.
Transportasi
- Transjakarta: Koridor 6
- Kopaja: S13 AC (via Koridor 8, Koridor 1, Koridor 9) ke Grogol
- Kopaja: S602 AC (via Koridor 6, Koridor 9, Koridor 1) ke Monas
- Kopaja: P19 AC (via Koridor 1) ke Tanah Abang
- Kopaja: S68 ke Kampung Melayu (via Pasar Minggu)
- Kopaja: S605A ke Blok M
- Kopaja: S612 ke Kampung Melayu (via Mampang)
- Metromini: S77 ke Blok M
- Mikrolet: M42 ke Mampang
- KWK: S15A ke TMII
- KWK: S19 ke Kebayoran Lama
4.Kepulauan raja ampat
Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.
Asal-usul dan sejarah
Asal mula nama Raja Ampat menurut mitos masyarakat setempat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat butir di antaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sementara itu, tiga butir telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu.Dalam perjalanan sejarah, wilayah Raja Ampat telah lama dihuni oleh masyarakat bangsawan dan menerapkan sistem adat Maluku. Dalam sistem ini, masyarakat sekumpulan manusia. Tiap desa dipimpin oleh seorang raja. Semenjak berdirinya lima kesultanan muslim di Maluku, Raja Ampat menjadi bagian klaim dari Kesultanan Tidore. Setelah Kesultanan Tidore takluk dari Belanda, Kepulauan Raja Ampat menjadi bagian klaim Hindia-Belanda.
Masyarakat
Masyarakat Kepulauan Raja Ampat umumnya nelayan tradisional yang berdiam di kampung-kampung kecil yang letaknya berjauhan dan berbeda pulau. Mereka adalah masyarakat yang ramah menerima tamu dari luar, apalagi kalau kita membawa oleh-oleh buat mereka berupa pinang ataupun permen. Barang ini menjadi semacam 'pipa perdamaian indian' di Raja Ampat. Acara mengobrol dengan makan pinang disebut juga "Para-para Pinang" seringkali bergiliran satu sama lain saling melempar mob, istilah setempat untuk cerita-cerita lucu.Mereka adalah pemeluk Islam dan Kristen dan seringkali di dalam satu keluarga atau marga terdapat anggota yang memeluk salah satu dari dua agama tersebut. Hal ini menjadikan masyarakat Raja Ampat tetap rukun walaupun berbeda keyakinan.
Kekayaan sumber daya alam
Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, terutama wisata penyelaman. Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini.Dr John Veron, ahli karang berpengalaman dari Australia, misalnya, dalam sebuah situs ia mengungkapkan, Kepulauan Raja Ampat yang terletak di ujung paling barat Pulau Papua, sekitar 50 mil sebelah barat laut Sorong, mempunyai kawasan karang terbaik di Indonesia. Sekitar 450 jenis karang sempat diidentifikasi selama dua pekan penelitian di daerah itu.
Tim ahli dari Conservation International, The Nature Conservancy, dan Lembaga Oseanografi Nasional (LON) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pernah melakukan penilaian cepat pada 2001 dan 2002. Hasilnya, mereka mencatat di perairan ini terdapat lebih dari 540 jenis karang keras (75% dari total jenis di dunia), lebih dari 1.000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska, dan catatan tertinggi bagi gonodactyloid stomatopod crustaceans. Ini menjadikan 75% spesies karang dunia berada di Raja Ampat. Tak satupun tempat dengan luas area yang sama memiliki jumlah spesies karang sebanyak ini.
Ada beberapa kawasan terumbu karang yang masih sangat baik kondisinya dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90%, yaitu di selat Dampier (selat antara Pulau Waigeo dan Pulau Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepualauan Misool Tenggara dan Kepulauan Wayag. Tipe dari terumbu karang di Raja Ampat umumnya adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam. Tetapi ditemukan juga tipe atol dan tipe gosong atau taka. Di beberapa tempat seperti di kampung Saondarek, ketika pasang surut terendah, bisa disaksikan hamparan terumbu karang tanpa menyelam dan dengan adaptasinya sendiri, karang tersebut tetap bisa hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung.
Spesies yang unik yang bisa dijumpai pada saat menyelam adalah beberapa jenis kuda laut katai, wobbegong, dan ikan pari Manta. Juga ada ikan endemik raja ampat, yaitu Eviota raja, yaitu sejenis ikan gobbie. Di Manta point yg terletak di Arborek selat Dampier, Anda bisa menyelam dengan ditemani beberapa ekor Pari Manta yang jinak seperti ketika Anda menyelam di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Jika menyelam di Cape Kri atau Chicken Reef, Anda bisa dikelilingi oleh ribuan ikan. Kadang kumpulan ikan tuna, giant trevallies dan snappers. Tapi yang menegangkan jika kita dikelilingi oleh kumpulan ikan barakuda, walaupun sebenarnya itu relatif tidak berbahaya (yang berbahaya jika kita ketemu barakuda soliter atau sendirian). Hiu karang juga sering terlihat, dan kalau beruntung Anda juga bisa melihat penyu sedang diam memakan sponge atau berenang di sekitar anda. Di beberapa tempat seperti di Salawati, Batanta dan Waigeo juga terlihat Dugong atau ikan duyung.
Karena daerahnya yang banyak pulau dan selat sempit, maka sebagian besar tempat penyelaman pada waktu tertentu memiliki arus yang kencang. Hal ini memungkinkan juga untuk melakukan drift dive, menyelam sambil mengikuti arus yang kencang dengan air yang sangat jernih sambil menerobos kumpulan ikan.
Peninggalan prasejarah dan sejarah
Di kawasan gugusan Misool ditemukan peninggalan prasejarah berupa cap tangan yang diterakan pada dinding batu karang. Uniknya, cap-cap tangan ini berada sangat dekat dengan permukaan laut dan tidak berada di dalam gua. Menurut perkiraan, usia cap-cap tangan ini sekitar 50.000 tahun dan menjadi bagian dari rangkaian petunjuk jalur penyebaran manusia dari kawasan barat Nusantara menuju Papua dan Melanesia.Sisa pesawat karam peninggalan Perang Dunia II bisa dijumpai di beberapa tempat penyelaman, seperti di Pulau Wai.
Akses
Mengunjungi kepulauan ini tidaklah terlalu sulit walau memang memakan waktu dan biaya cukup besar. Kita dapat menggunakan maskapai penerbangan dari Jakarta atau Bali ke Sorong via Makassar atau Ambon dan Manado selama kurang lebih 6 jam penerbangan. Dari Sorong, kota yang cukup besar dengan fasilitas lumayan lengkap. Untuk menjelajahi Raja Ampat pilihannya ada dua, ikut tur dengan perahu pinisi atau tinggal di resort Raja Ampat Dive Lodge. Sekalipun kebanyakan wisatawan yang datang ke Raja Ampat saat ini adalah para penyelam, sebenarnya lokasi ini menarik juga bagi turis non penyelam karena juga memiliki pantai-pantai berpasir putih yang sangat indah, gugusan pulau-pulau karst nan mempesona dan flora-fauna unik endemik seperti cendrawasih merah, cendrawasih Wilson, maleo waigeo, beraneka burung kakatua dan nuri, kuskus waigeo, serta beragam jenis anggrek.Ancaman terhadap kepulauan ini
Kekayaan keanekaragaman hayati di Raja Ampat telah membuat dirinya memiliki tingkat ancaman yang tinggi pula. Hal itu bisa dilihat dari kerusakan terumbu karang dan hutan. Kerusakan terumbu karang umumnya adalah karena aktivitas penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan seperti bom, sianida dan akar bore (cairan dari olahan akar sejenis pohon untuk meracun ikan).Usaha-usaha konservasi
Untuk menjaga kelestarian bawah laut Kepulauan Raja Ampat, usaha-usaha konservasi sangat diperlukan di daerah ini. Ada dua lembaga internasional yang konsen terhadap kelestarian sumber daya alam Raja Ampat, yaitu CI (Conservation International) dan TNC (The Nature Conservancy). Pemerintah sendiri telah menetapkan laut sekitar Waigeo Selatan, yang meliputi pulau-pulau kecil seperti Gam, Mansuar, kelompok Yeben dan kelompok Batang Pele, telah disahkan sebagai Suaka Margasatwa Laut. Menurut SK Menhut No. 81/KptsII/1993, luas wilayah ini mencapai 60.000 hektare.Selain itu, beberapa kawasan laut lainnya telah diusulkan untuk menjadi kawasan konservasi. Masing-masing adalah Suaka Margasatwa Laut Pulau Misool Selatan, laut Pulau Kofiau, laut Pulau Asia, laut Pulau Sayang dan laut Pulau Ayau.
5.Gembira loka zoo
Kebun Binatang Gembira Loka (bahasa Jawa: Hanacaraka, ꦏꦼꦧꦸꦤ꧀ꦧꦶꦤꦠꦁꦒꦼꦩ꧀ꦧꦶꦫꦭꦺꦴꦏ) adalah kebun binatang yang berada di Yogyakarta. Berisi berbagai macam spesies dari belahan dunia, seperti Orangutan, Gajah Asia, Simpanse, Harimau, dan lain sebagainya. Kebun Binatang Gembira Loka menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan Yogyakarta. Gembira Loka Zoo sempat rusak parah akibat gempa bumi yang mengguncang kota Yogyakarta tahun 2006. Tetapi, setelah direnovasi Kebun Binatang Gembira Loka tetap dicari para wisatawan.
Sejarah
Loka artinya tempat, gembira ya gembira. Syahdan, hampir setengah abad yang lalu Sri Sultan Hamengku Buwono IX mewujudkan keinginan pendahulunya untuk mengembangkan ‘Bonraja’ tempat memelihara satwa kelangenan raja menjadi suatu kebon binatang publik. Maka didirikanlah Gembira Loka diatas lahan seluas 20 ha yang separonya berupa hutan lindung. Disitu terdapat lebih dari 100 spesies satwa diantaranya 61 spesies flora.Letaknya di daerah aliran sungai Gajah Wong. Akses menuju Gembira Loka sangat mudah dengan angkutan kota dan kendaraan. Pada awalnya dimulai dari beberapa hewan macan tutul yang berhasil ditangkap penduduk setempat karena mengganggu desa dan sebagian berasal dari lereng merapi yang hutannya terbakar akibat awan panas.
Gembira Loka Zoo memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap. Akhir-akhir ini, dikabarkan bahwa GLZ sedang mengadakan kesepakatan dengan Singapore Zoo untuk pertukaran hewan, yakni 6 ekor Pinguin Jackass. Gembira Loka Zoo selalu berusaha memberikan yang terbaik demi kenyamanan pengunjung serta kelestarian alam. Beberapa kali didengar bahwa gajah melahirkan, burung kakatua menetaskan telurnya, serta kuda pacu melahirkan anaknya.
Satu hal yang memprihatinkan adalah banyak kondisi satwa yang kurang terurus. Banyak fasilitas yang seakan seadanya saja. Hal itu karena pendapatan dari tiket masuk sangat kecil dari sedikitnya wisatawan yang berkunjung.
Namun, sejak tahun 2010 Gembira Loka Zoo mulai merehabilitasi dan merekonstruksi kebun binatangnya. Bahkan, sampai tahun 2012 ini sedang dalam proses pembuatan untuk "Taman Burung" dan sedangkan untuk "Taman Reptil dan Amfibi" sudah dalam tahap sentuhan akhir. Beberapa pedagang asongan pun sudah mulai dibenahi, agar terkesan rapi dan bersih. Semenjak itu, GLZ mulai dikunjungi pengunjung dengan jumlah yang lebih banyak.
Hewan
Kebun Binatang Gembira Loka ini memiliki berbagai jenis spesies yang diadopsi dari berbagai belahan dunia.Mamalia
- Gajah Sumatera
- Harimau Sumatera
- Kuda Nil
- Rusa Tutul
- Unta
- Simpanse
- Orangutan
- Beruang Madu
- Wallaby
- Singa
Reptil
- Buaya Muara
- Kura-kura Radiata
- Kura-kura Terapin
- Kura-kura Sulkata
- Kura-kura Kepala Ceri
- Biawak Naga
- Iguana Merah
- Kaiman Kerdil Cuvier
- Siamang
Fasilitas
- Sepeda Air
- Kolam Tangkap
- Perahu Engkol
- Kereta Mini
- Kapal Katamaran "Dugong"
- Mayang Tirta
- Toilet bersih
- Free Wi-Fi Zone
- ATV dan Arena Sepeda
- Reptile and Amphibian Park
- Bird Park
- Laboraturium Gembira Loka (Museum)
- Tempat sampah dan pohon rimbun untuk berteduh
- Sarana Ibadah (mushola) yang cukup bersih
6.Singapore zoo
ingapore Zoo ( Cina : 新加坡动物园; pinyin : Xinjiapo Dòngwùyuán; Melayu : 'Taman Haiwan Singapura'; Tamil : சிங்கப்பூர் விலங்குக் காட்சிச்சாலை), sebelumnya dikenal sebagai Singapore Zoological Gardens dan dikenal secara lokal sebagai kebun binatang Mandai, menempati 28 hektar (69 hektar) di pinggiran atas Seletar Reservoir dalam Singapura berhutan lebat daerah tangkapan air pusat . Kebun binatang ini dibangun dengan biaya S $ 9m diberikan oleh pemerintah Singapura dan dibuka pada tanggal 27 Juni 1973. Hal ini dioperasikan oleh Wildlife Reserves Singapore , yang juga mengelola tetangga Night Safari dan Jurong BirdPark . Ada sekitar 315 spesies hewan di kebun binatang, yang beberapa 16% dianggap spesies yang terancam. Kebun binatang ini menarik sekitar 1,6 juta pengunjung setiap tahun. [1]
Sejak awal, Singapore Zoo mengikuti tren modern menampilkan hewan di naturalistik, 'terbuka' pameran dengan hambatan tersembunyi, parit , dan kaca antara binatang dan pengunjung. Ini rumah koloni penangkaran terbesar orangutan di dunia. [ rujukan? ] Pada tahun 1977, ahli primata Dr Francine Neago tinggal di dalam kandang dengan delapan belas orangutan selama enam bulan untuk mempelajari perilaku dan komunikasi mereka.
Sejarah
Konsepsi tanggal Singapore Zoo dari 1969. Pada saat itu, Public Utilities Board (PUB) memutuskan untuk menggunakan beberapa kepemilikan lahan sekitar waduk untuk taman dan terbuka rekreasi fasilitas. Kemudian Ketua Eksekutif PUB, Dr Ong Hukum Swee, menyisihkan 88 hektar lahan untuk pembangunan kebun binatang .
Pada tahun 1970, [ rujukan? ] konsultan dan staf dipekerjakan, dan pada tahun 1971, pembangunan dasar 50 kandang mulai. Hewan dikumpulkan dari dealer dan disumbangkan oleh sponsor. Direktur Kebun Binatang Kolombo di Sri Lanka , Lyn de Alwis, dipekerjakan sebagai konsultan khusus untuk bekerja di luar masalah yang melekat dalam tropis kebun binatang.
Pada tanggal 27 Juni 1973, Singapore Zoo membuka gerbang untuk pertama kalinya dengan koleksi 270 hewan dari lebih dari 72 spesies , dan staf 130. Pada tahun 1990, 1.600 hewan dari lebih dari 160 spesies hidup dalam kelompok sosial , bertempat di 65 taman pameran dengan batas-batas disusun untuk terlihat sealami mungkin.
Pada tanggal 1 Agustus 2000, Singapore Zoological Gardens, Jurong Bird Park dan Night Safari yang terintegrasi di bawah Wildlife Reserves Singapore Pte Ltd, di bawah payung Temasek Holdings. Kebun binatang menjalani restrukturisasi untuk meningkatkan efisiensi dan branding, yang termasuk, penggabungan layanan dan perluasan layanan konsultasi di luar negeri bersama. Night Safari, yang dimulai di bawah kebun binatang, menjadi entitas merek terpisah.
Restrukturisasi kebun binatang itu bukan tanpa kontroversi. Beberapa staf kunci, termasuk CEO Bernard Harrison, meninggalkan akibatnya pada tahun 2002, dengan alasan perbedaan dalam gaya manajemen. Pada tahun 2003, Wildlife Reserves Singapore meluncurkan latihan rebranding besar, yang ditangguhkan karena ketidaksetujuan publik secara luas. Nama kebun binatang disederhanakan ke Singapore Zoo kadang-kadang pada tahun 2005.
Sebagai hasil dari restrukturisasi, fasilitas lainnya yang diluncurkan, seperti $ 3.600.000 Wildlife Kesehatan dan Pusat Penelitian di tahun 2005. Infrastruktur yang ada telah dirubah untuk lebih meningkatkan pengalaman pengunjung. Pertumbuhan pendapatan melanjutkan tren kenaikan.
Pameran
Hewan disimpan dalam luas, kandang taman dipisahkan dari pengunjung dengan baik kering atau basah parit . Parit yang tersembunyi dengan vegetasi atau turun di bawah garis penglihatan. Hewan berbahaya yang dapat memanjat dengan baik disimpan di taman kandang kaca-fronted.Kebun binatang belum berkembang di luar asli 28 hektar. Namun, 40 hektar hutan sekunder kemudian berkembang menjadi Night Safari . Tanah yang belum dikembangkan Sisanya telah disimpan sebagai lahan berhutan. Ini dan perairan Atas Seletar Reservoir berkontribusi ke kebun binatang, memberikan rasa alami, ruang terbatas.
Kebun binatang ini juga menawarkan berbagai mode wahana yang tersedia di dalam lokasi: trem, binatang, perahu, kuda dan kereta kuda rides. Kereta, gerobak, skuter listrik dan kursi roda juga bisa disewa.
Pendidikan dan konservasi
Kebun binatang juga memulai berbagai penyelamatan dan upaya konservasi untuk melindungi satwa liar. Steve Irwin , aktivis hewan dan conservationalist dikenal sebagai " The Crocodile Hunter ", mengagumi Singapore Zoo sangat, mengadopsinya sebagai 'adik kebun binatang' ke Kebun Binatang Australia . Dia di Kebun Binatang Singapura pada tahun 2006 untuk memimpin pembukaan Australia pedalaman pameran. [4]
Acara
"Sarapan dengan Orangutan" memungkinkan pengunjung untuk bertemu dan berinteraksi erat dengan orangutan di kebun binatang, yang sudah termasuk Ah Meng (meninggal pada tanggal 8 Februari 2008) yang merupakan ikon dari industri pariwisata Singapura. Menunjukkan hewan, serta menyusui tanda ditambah dengan komentar langsung oleh penjaga, juga pokok sehari-hari di kebun binatang Singapura.The "Rainforest Perkelahian Kembali" acara bertempat di Amphitheatre Shaw, amfiteater utama dalam kebun binatang. Aktor dan penyanyi bertindak bersama hewan: di-show, pemburu jahat mencoba untuk merobohkan bagian dari hutan hujan tropis untuk pengembangan lahan, dan digagalkan oleh penduduk asli dan hewan dari hutan hujan (orangutan, lemur, kacang-unggas, Berang-berang, dan cockatiels).
The "Gajah at Work and Play" menunjukkan menunjukkan bagaimana gajah digunakan sebagai binatang beban di negara-negara Asia Tenggara. Pengasuh hewan yang disebut sebagai pawang , dan acara mensimulasikan bagaimana mahout akan menginstruksikan gajah untuk mengangkut kayu atau berlutut sehingga mereka dapat dipasang.
The "Splash Safari" acara menampilkan mamalia air kebun binatang dan burung. Segel dan sealions melakukan trik dan pelikan menunjukkan bagaimana mereka menangkap ikan di paruh mereka, sementara lumba-lumba berenang di kolam di bawah ini.
The "Animal Friends" acara, bertempat di amfiteater Kidzworld di bagian anak-anak kebun binatang itu, fitur sebagian besar dijinakkan hewan seperti anjing dan burung beo melakukan trik.
Peristiwa Pengorganisasian
Ada tiga tempat acara yang tersedia di kebun binatang, Forest Lodge, Pavilion-By-the-Lake and Garden Pavilion. Ada juga tiga tempat koktail, Gajah Asia, Harimau Trek dan Treetops Trail. Singapore Zoo juga memfasilitasi pesta ulang tahun dan pernikahan.Insiden
Pada tanggal 7 Maret 1973, panther hitam melarikan diri dari kebun binatang sebelum dibuka. [5]Pada awal tahun 1974, kuda nil bernama Kongo melarikan diri dari kebun binatang dan menghabiskan 47 hari di Seletar Reservoir. [6]
Lolos lainnya pada tahun 1974 termasuk sebuah eland dan harimau. [7]
Pada tanggal 13 November 2008, dua dari tiga harimau putih Bengal putih dianiaya kebun binatang bersih bunuh diri mati setelah pria itu melompat ke parit yang mengelilingi kandang mereka dan mengejek binatang sehingga mereka akan membunuhnya. [8]
Penghargaan
- Michelin Peringkat Bintang 2 [9]
- Singapore Tourism Awards [10]
- Terbaik Pengalaman Kenyamanan objek (20 Awards)
- Objek Wisata Dikelola objek (Penghargaan 1st)
- Kenyamanan Terbaik objek wisata (Awards ke-6)
- Kenyamanan objek of the Year (7, 8, 13, 16 dan 17 Awards)
- Top 10 Best Experience Keluarga (Jungle Breakfast at Singapore Zoo) (2006)
- Pariwisata ASEAN Association Awards for Excellence [11]
- Terbaik objek wisata baru di ASEAN untuk Hamadryas Baboons Exhibit (2002)
- Terpilih sebagai salah satu dari yang terbaik dicintai bisnis pro-keluarga (2006)
7.Menara KL
Menara Kuala Lumpur atau Kuala Lumpur Tower dalam bahasa Inggris adalah sebuah menara di Kuala Lumpur, Malaysia yang dibuka pada tahun 1995 dan mencapai ketinggian 421 m, tertinggi ke-6 di dunia. Menara ini digunakan untuk memperlancar komunikasi dan seperti menara-menara tinggi lainnya, menara ini juga menyediakan dek pengamatan.
Konstruksi
Pembangunan Menara Kuala Lumpur dimulai pada 4 Oktober 1991 dan terdiri dari 3 tahap.Tahap pertama adalah pelebaran Jalan Punchak dan ekskavasi sampai 15 Agustus 1992.
Tahap ke-2 adalah pembangunan fondasi dan basement yang dimulai pada 6 Juli 1992 dan selesai pada 15 April 1993.
Pada 1 Mei 1993, Tahap ke-3 dimulai untuk membangun struktur utamanya, yaitu menara dan bangunan untuk turis. Bangunan tersebut dirancang dan didekorasi dengan dekorasi yang mencerminkan budaya Islam di Malaysia salah satunya adalah kubah di lobi yang terbuat dari kaca yang ditata sedemikian rupa sehingga tampak seperti berlian dalam bentuk Muqarnas oleh perajin Iran dari Isfahan.
Pada 13 September 1994, Bapak Perdana Menteri Malaysia Yang Amat Berbahagia Dato Seri Mahathir Binti Mohamad yang melakukan Topping-Up Ceremony di mana antena dipasang dan menara tersebut mencapai ketinggian 421-meter.
Pada 23 Juli 1996, Menara ini yang diperlengkap renovasi.
Pada 24 Agustus 1996, Menara ini dibuka untuk umum.
Pada 1 Oktober 1996 mulai malam ini sejak sekitar pada pukul 20:30 MST, Menara ini diupacara peresmi mengudara pertama kali siaran perdana oleh Bapak Perdana Menteri Malaysia Yang Amat Berbahagia Dato Seri Mahathir Binti Mohamad melalukan Grand Launching, Officially Inaugurated atau Opening Ceremony.
Fakta
Menara Kuala Lumpur adalah menara tertinggi keenam di dunia dengan urutan sebagai berikut:- Guangzhou TV & Sightseeing Tower, RRC (dalam pembangunan)
- CN Tower, Kanada
- Ostankino Tower, Rusia
- Oriental Pearl Tower, RRC
- Borj-e Milad, Iran
- Menara Kuala Lumpur, Malaysia
Liberty dalam filsafat, melibatkan kehendak bebas yang berbeda dengan determinisme . [1] Dalam politik, kebebasan terdiri dari kebebasan politik dan sosial dijamin bagi semua warga negara. [2] Dalam teologi, kebebasan adalah kebebasan dari belenggu dosa. [3
Filsuf dari zaman awal telah mempertimbangkan pertanyaan tentang kebebasan. Kaisar Romawi Marcus Aurelius (121-180 M) menulis tentang "pemerintahan di mana ada hukum yang sama untuk semua, pemerintahan diberikan berkaitan dengan hak yang sama dan kebebasan yang sama berbicara, dan gagasan pemerintahan raja yang menghormati sebagian besar semua kebebasan yang diatur. " [4] Menurut Thomas Hobbes , "orang bebas adalah orang yang dalam hal-hal yang oleh kekuatan dan kecerdasannya dia mampu lakukan tidak terhalang untuk melakukan apa yang dia kerasukan kehendak untuk melakukan" ( Leviathan , Bagian 2, Ch. XXI).
John Locke (1632-1704) menolak bahwa definisi kebebasan. Sementara tidak secara khusus menyebutkan Hobbes, ia menyerang Sir Robert Filmer yang memiliki definisi yang sama. Menurut Locke:
- "Dalam keadaan alam, kebebasan terdiri menjadi bebas dari kekuasaan unggul di Bumi. Orang-orang tidak di bawah kehendak atau pembuatan peraturan otoritas orang lain tetapi hanya hukum alam untuk kekuasaan mereka. Dalam masyarakat politik, kebebasan terdiri berada di bawah kekuasaan pembuatan hukum tidak ada lain kecuali yang ditetapkan oleh persetujuan dalam persemakmuran. Orang bebas dari kekuasaan manapun akan atau menahan diri hukum selain itu ditetapkan oleh mereka sendiri merupakan kekuatan pembuatan hukum sesuai dengan kepercayaan dimasukkan di dalamnya. Dengan demikian, kebebasan tidak seperti Sir Robert Filmer mendefinisikan: ". Sebuah kebebasan bagi setiap orang untuk melakukan apa yang dia suka, hidup sesukanya, dan tidak terikat oleh hukum apapun ' Kebebasan dibatasi oleh undang-undang di kedua negara alam dan masyarakat politik. Kebebasan alam adalah untuk berada di bawah pengendalian lain tetapi hukum alam. Kebebasan masyarakat di bawah pemerintahan adalah untuk berada di bawah pengendalian selain aturan untuk hidup dengan berdiri yang umum untuk semua orang di masyarakat dan dibuat oleh kekuatan pembuatan UU didirikan di dalamnya. Orang memiliki hak atau kebebasan untuk (1) mengikuti kemauan mereka sendiri dalam segala hal bahwa hukum tidak dilarang dan (2) tidak tunduk pada kehendak kekal, tidak pasti, tidak diketahui, dan sewenang-wenang lainnya. " [5]
Mill menawarkan wawasan pengertian tirani lembut dan saling kebebasan dengan nya prinsip kerugian . [7] Hal ini dapat dilihat sebagai penting untuk memahami konsep-konsep ini ketika mendiskusikan kebebasan karena mereka semua merupakan potongan-potongan kecil dari teka-teki besar yang dikenal sebagai kebebasan. Dalam arti filosofis, dapat dikatakan bahwa moralitas harus menggantikan tirani dalam bentuk apapun yang sah dari pemerintah . Jika tidak, orang yang tersisa dengan masyarakat sistem berakar pada keterbelakangan , gangguan , dan regresi .
Politik
Artikel utama: Kebebasan politik
Sejarah
"Ini, kemudian, adalah satu catatan kebebasan yang semua demokrat menegaskan menjadi prinsip negara mereka. Lain adalah bahwa manusia harus hidup sebagai dia suka. Ini, kata mereka, adalah hak istimewa warga kehormatan, karena, di sisi lain tangan, tidak untuk hidup sebagai seorang pria menyukai adalah tanda budak. ini adalah karakteristik kedua demokrasi, mana telah muncul klaim dari orang-orang yang akan diperintah oleh none, jika mungkin, atau, jika hal ini tidak mungkin, untuk memerintah dan menjadi memerintah bergantian,. dan sehingga memberikan kontribusi untuk kebebasan berdasarkan kesetaraan " [10]
Hal ini diterapkan hanya untuk laki-laki bebas. Di Athena, misalnya, perempuan tidak bisa memilih atau memegang jabatan dan secara hukum dan sosial tergantung pada saudara laki-laki. [11]
Populasi dari Kekaisaran Persia menikmati beberapa derajat kebebasan. Warga semua agama dan kelompok etnis diberi hak yang sama dan memiliki sama kebebasan beragama , perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki, dan perbudakan dihapuskan (550 SM). Semua istana raja-raja Persia yang dibangun oleh para pekerja yang dibayar di era ketika budak biasanya melakukan pekerjaan tersebut. [12]
Dalam Buddhis Kekaisaran Maurya dari India kuno , warga semua agama dan kelompok etnis memiliki beberapa hak kebebasan , toleransi , dan kesetaraan . Perlunya toleransi pada egaliter secara dapat ditemukan di piagam-piagam dari Ashoka Agung , yang menekankan akan pentingnya toleransi dalam kebijakan publik oleh pemerintah. Pembantaian atau penangkapan tawanan perang juga dikutuk oleh Ashoka. [13] Perbudakan juga tidak ada di Kekaisaran Maurya. [14] Namun, menurut Hermann Kulke dan Dietmar Rothermund, "perintah Ashoka tampaknya telah menolak tepat dari awal. " [15]
Hukum Romawi juga memeluk formulir terbatas tertentu liberty, meskipun di bawah kekuasaan Kaisar Romawi. Namun, kebebasan tersebut diberikan hanya untuk warga negara Romawi . Banyak kebebasan menikmati bawah hukum Romawi bertahan melalui Abad Pertengahan, tetapi dinikmati hanya oleh kaum bangsawan , tidak pernah dengan orang biasa. Ide kebebasan dapat diambil dan universal harus menunggu sampai Abad Pencerahan.
Kontrak sosial
Di Perancis Liberty. British Perbudakan (1792), James Gillray
karikatur Perancis "kebebasan" sebagai kesempatan untuk kelaparan dan
Inggris "perbudakan" sebagai keluhan kembung tentang perpajakan.
Dalam On Liberty , John Stuart Mill berusaha untuk menentukan "... sifat dan batas kekuasaan yang sah dapat dilakukan oleh masyarakat atas individu," dan karena itu, ia menjelaskan antagonisme yang melekat dan berkelanjutan antara kebebasan dan wewenang dan dengan demikian , pertanyaan yang berlaku menjadi "bagaimana membuat penyesuaian pas antara kemerdekaan individu dan kontrol sosial". [16]
Perspektif modern
Bagian dari seri tentang |
Liberalisme |
---|
Liberalisme adalah politik filosofi yang menekankan kebebasan individu, baik dari pemerintah maupun dari kekuatan kelas atas. Dalam konteks ini, pemerintah memiliki tanggung jawab untuk memastikan kebebasan individu, sementara pada saat yang sama meningkatkan situasi mereka dengan keuntungan sedikit. Dalam hal ini, kita dapat memahami liberalisme ekonomi sebagai hak individu untuk berkontraksi, perdagangan dan beroperasi dalam pasar bebas kendala dan liberalisme sosial sebagai keyakinan bahwa liberalisme harus mencakup keadilan sosial. Keduanya keyakinan politik inti, dan ketegangan di antara mereka menyebabkan kontroversi. [17]
Pasal 3 dari Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia menyatakan bahwa "Setiap orang berhak atas kehidupan, kebebasan, dan keamanan pribadi."
Liberty juga telah dipertimbangkan dalam konteks lingkungan ruang. Kondisi ekstrim ruang menciptakan lingkungan di mana kebebasan individu mungkin akan sangat dibatasi meskipun skala spasial yang luas ruang antarplanet. Sebagai organisasi yang lebih pribadi dan nasional menjelajahi ruang angkasa, sehingga perspektif ini telah menjadi sangat relevan [18]
Amerika Serikat
Dalam keputusan Mahkamah Agung Amerika Serikat Griswold v. Connecticut , Justice William O. Douglas berpendapat bahwa kebebasan yang berkaitan dengan hubungan pribadi, seperti perkawinan, memiliki keunggulan yang unik dari tempat dalam hirarki kebebasan. [19] Jacob M. Appel telah diringkas prinsip ini:Saya bersyukur bahwa saya memiliki hak di lapangan umum pepatah - namun, sebagai hal praktis, hak yang paling berharga saya adalah mereka yang saya miliki di kamar tidur dan rumah sakit kamarku dan ruang kematian. Kebanyakan orang jauh lebih peduli bahwa mereka dapat mengendalikan tubuh mereka sendiri daripada mereka adalah tentang petisi Kongres. [20]Sebuah sekolah pemikiran populer di kalangan AS libertarian menyatakan bahwa tidak ada perbedaan dipertahankan antara dua macam kebebasan - bahwa mereka adalah, memang, satu dan sama, harus dilindungi (atau menentang) bersama-sama. Dalam konteks AS hukum konstitusional , misalnya, mereka menunjukkan bahwa konstitusi dua kali daftar "kehidupan, kebebasan, dan hak milik" tanpa membuat perbedaan dalam troika itu.
Anarko-individualis , seperti Max Stirner , menuntut hormat untuk kebebasan individu.
Kebebasan republik
Menurut ahli teori republik kebebasan, seperti sejarawan Quentin Skinner atau filsuf Philip Pettit , kebebasan yang tidak boleh dilihat sebagai adanya gangguan dalam tindakan seseorang, tetapi sebagai non-ketergantungan. Menurut pandangan ini, yang berasal dari Romawi Digest , menjadi homo liber, manusia bebas, berarti berada dalam keadaan non-ketergantungan dari yang lain yang sewenang-wenang akan. Langkah kedua argumen penulis neo-Romawi ini, seperti Machiavelli , adalah bahwa Anda harus menjadi anggota dari pemerintahan sendiri asosiasi sipil gratis, republik, jika Anda ingin menikmati kebebasan individu.Dominasi pandangan tentang kebebasan di kalangan anggota parlemen selama Perang Saudara Inggris mengakibatkan penciptaan konsep liberal kebebasan sebagai non-interferensi di Thomas Hobbes Leviathan .
Semoga bermanfaat buat anda semua!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar